Adventure Time - Finn 3/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/toons/too-12/too1135.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Kamis, 17 November 2016

alat musik petik khas indonesia

Alat Musik Petik Tradisional, Nama, Asal dan Keterangannya
Alat musik petik terbagi menjadi alat petik tradisional dan modern berdasarkan dari mana asal daerahnya yang masing-masing memiliki nama-nama berbeda pula. Ada 19 jenis, macam-macam dan gambar alat musik petik yang ditemukan dari sumber di berbagai media, baik asli dari Indonesia maupun dari luar negeri. Semoga saja keterangan ini bisa membantu Anda yang saat ini sedang membutuhkannya. Bagi yang tidak butuh, mana mungkin berkunjung kemari, bukan?

Memang, alat musik jenis petik mengalami mordenisasi dari masa-kemasa bersamaan dengan perubahan atau revolusi informasi teknologi. Meski tidak semua alat musik tersebut berubah total 100%, tapi berdasarkan fakta yang terjadi, minat orang untuk memainkan alat musik petik tradisional mengalami penurunan secara perlahan dan pasti. Dan inilah konsekwensi yang harus kita terima dari sebuah perubahan.

Pastinya, kita sebagai warga negara Indonesia yang baik khawatir jika semua perubahan itu mengarah kepada hilangnya alat-alat musik petik – yang zaman dulu banyak dipakai – dari peredaran. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, sebagai masyarakat, kita hendaknya bersama-sama melestarikannya. Pada artikel ini, niat kami menulisnya bertujuan untuk melestarikan alat-alat musik tersebut.

Nah, seperti apa ulasannya? Simak berikut ini.

1. Kecapi

Image result for kecapi

Anda pernah dengar alat musik gitar? Pasti pernah. Kecapi hampir sama dengan gitar karena mempunyai senar untuk dipetik. Yang membedakan adalah bentuk dan posisi memainkannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kecapi asalnya dari daerah Sunda. Semoga saja alat musik yang termasuk tradisional Indonesia ini bisa lestari eksistensinya ditengah zaman globalisasi sekarang ini.

2. Ukulele

Image result for ukulele

Menurut Wikipedia, Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil, sekitar 20 inci. Alat musik ini ternyata bukan berasal dari daerah yang ada di Indonesia, namun merupakan alat musik asli Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879.

Alat musik ‘Ukulele’ jika diartikan dalam bahasa Hawaii mempunyai arti ‘kutu loncat’, he he… Jadi ingat politisi tertentu ya sobat?

Walau bagaimana pun, Ukulele banyak beredar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan produk itu dijual pada laman Tokopedia.com. Anda ingin membelinya?

Perhatian!

Jika suatu saat nanti Anda memiliki Ukulele, beberapa hal yang harus jadi perhatian.

– Alat musik Ukulele ternyata cocok jika dimainkan dengan menggunakan pick gitar arena akan mengikis senar nilon pada ukulele Anda, gunakanlah jari Anda saat memainkannya.

– Anda harus berhati-hati saat menyimpan Ukulele Anda, jangan membantingnya karena ukulele rentan akan kerusakan.

3. Jentreng
Jentreng kabarnya sejenis dengan alat musik kecapi, hanya saja jumlah dawainya ada tujuh buah. Selain itu yang membuat beda, Jentreng ukurannya jauh lebih kecil dari Kecapi.

Image result for jentreng

Meski begitu, Jentreng termasuk jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik oleh jari tangan orang yang memainkannya.

4. Sasando
Alat musik petik ini ialah sebuah alat musik dawai yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sekilas, Sasando mirip dengan gitar cara memainkannya.

Image result for sasando

Ternyata, konon kabarnya, Sasando dipakai oleh masyarakat Rote sejak abad ke-7 Masehi, sudah lama sekali, bukan?

5. Harpa
Alat musik petik yang bernama Harpa ini merupakan salah satu alat musik tertua di dunia. Alat musik ini paling awal dikembangkan dari busur panah untuk berburu.

Image result for harpa alat musik

Harpa dalam penyebutan bahasa Inggris adalah ‘Harp’. Mitos yang berkembang di masyarakat dunia, seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat.

6. Sitar

Sitar ialah salah satu jenis alat musik jenis petik yang berasal dari Asia Selatan.

Image result for sitar

Selain itu, alat musik klasik Hindustan dikenal menggunakan dawai/senar. Itulah mengapa Sitar dimainkan dengan metode petik, sama seperti Kecapi dan Gitar.

Sitar merupakan alat musik yang sering digunakan dalam seni musik klasik hindustan sejak Zaman Pertengahan.

7. Siter
Serupa dengan Kecapi, alat musik Siter merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah (Jateng). Selain mirip dengan Kecapi, hal yang sama lainnya adalah cara memainkannya.

Kabarnya nama “siter” berasal dari bahasa Belanda yaitu “citer”, Sedang dalam bahasa Inggris adalah “zither”.

Image result for siter

8. Gitar
Rasanya kelewatan jika masih ada manusia yang tidak kenal dengan alat musik gitar. Pasalnya, Gitar begitu populer hingga kini. Meski disebut sebagai alat musik yang tradisional, gitar masih banyak digunakan grup musik atau band tertentu.

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun pick.

Image result for gitar

Diketahui, hampir disetiap daerah maupun desa terdapat orang yang gemar memainkan alat musik gitar. Bahkan, Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah orang yang mempunyai hobi bermain gitar.

9. Banjo
Menurut informasi dari laman Wikipedia, Banjo ialah alat musik petik yang dikembangkan oleh budak Afrika di Amerika Serikat (AS), dan merupakan gabungan beberapa alat musik Afrika.

Image result for banjo

Nama Banjo memang sangat asing ditelinga anak muda. Jika ada yang mengenalnya, bisa dihitung dengan jari. Apakah Anda salah satunya?

10. Mandolin
Alat musik Mandolin termasuk kedalam jenis alat musik petik tradisional yang memiliki senar memanjang persis seperti gitar. Namun cara memainkannya mirip seperti biola digesek.
Image result for mandolin


Kabarnya yang banyak beredar, alat musik yang ukurannya lebih kecil dari gitar itu berasal dari Itali.

11. Pipa /Cina Kecapi
Alat musik Pipa adalah sejenis alat musik tradisional Tiongkok (China). Terbuat dari bahan kayu, Pipa telah ada pada zaman Dinasti Qin (221 SM – 206 SM) dan telah dimainkan selama lebih dari 2000 tahun.

Nama populer lain Pipa adalah Cina Kecapi. Disebut begitu karena alat musik ini berasal dari Tiongkok.

Image result for kecapi cina

12. Gambus
Dimainkan dengan metode petik, Gambus adalah seperti Mandolin yang berasal dari Timur Tengah (Timteng). Sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar pada umumnya. Tidak tahu berapa senar jumlahnya jika alat musik tersebut sudah mengalami mordenisasi akibat globalisasi.

Image result for gambus

Di Indonesia sendiri, Gambus juga banyak digunakan oleh musisi Indonesia.

13. Japen
Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah asal alat musik Japen. Termasuk alat musik tradisional, Japen masih banyak digemari masyarakat setempat.

Image result for japen alat musik kalimantan tengah

Kenapa disebut Japen? Karena nama Japen sendiri berasal dari bentuknya yang sangat unik. Benarkah demikian?

14. Panting
Panting adalah alat musik tradisional yang berbentuk seperti gabus Arab, hanya saja tampilan lebih kecil. Panting memiliki senar sehingga dimainkan dengan cara dipetik.

Image result for panting kalsel

Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga karena alat adalah musik tradisional dari suku Banjar di Kalimantan Selatan (Kalsel).

15. Saung Gauk
Saung Gauk adalah alat musik tradisional yang juga berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Nama lain Saung Gauk adalah Harpa Burma.

Image result for saung gauk

16. Sampek
Sampe dikenal sebagai alat musik tradisional Suku Dayak di daerah Kalimantan. Alat musik satu ini sering dipakai saat mengiringi berbagai acara adat.

Image result for sampek

Dari penelusuran yang sudah dilakukan, belum tahu pasti, apakah Sampek berasal dari Kalimantan Tengah atau Kalimantan Timur. Sama seperti alat musik petik lain, Sampek dimainkan dengan cara di petik juga.

17. Keso-Keso
Alat musik yang satu ini berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Nama lain dari Keso-Keso adalah Pa’Keso’.

Image result for keso-keso

Memiliki senar, sehingga termasuk alat musik tradisional yang cara memainkannya dipetik.

18. Celempung
Celempung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat (Jabar). Kabar menyedihkannya, sempat tidak ada yang tahu asal mula keberadaan alat tersebut.

Image result for celempung

Di internet memang masih sangat sedikit ulasan mengenai alat musik Celempung.

19. Hasapi

Hasapi adalah salah alat musik tadisional Batak Toba, Sumatera Utara (Sumut) yang termasuk ke alat musik dawai atau senar. Alat musik ini dikenal dalam bahasa Indonesia disebut Kecapi Batak.

Image result for hasapi

Musik bisa juga ditafsirkan sebagai alat komunikasi yang berfungsi menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada pendengarnya. Terkadang, tidak semua komunikasi dilakukan dalam bentuk semestinya.

Selesai sudah ulasan singkat seputar alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di petik, meski ada juga senar yang dimainkan dengan cara di gesek dengan alat khusus. Begitu juga gitar yang tidak selamanya dimainkan dengan petikan tangan, sesekali gitaris menggunakan alat yang dikenal dengan sebutan Pick.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar